tahun baru

tahun baru
Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Friday, February 22, 2013

Membuat Tab di Windows Explorer Dengan Clover 2

Tips&Trick - Fitur multi tab tidak hanya dimiliki oleh browser, meskipun bukan fitur default tetapi Windows Explorer dengan mudah dapat diinstal fitur serupa dengan aplikasi bernama Clover 2. Aplikasi Clover 2 didesain khusus untuk memberikan kemampuan multi tabseperti yang Anda temukan pada browser semacam Firefox atau Chrome. Aplikasi ini tidak berdiri sendiri, setelah diinstal ke dalam komputer, Clover akan otomatis tergabung menjadi satu dengan Windows Explorer.

Membuat Tab di Windows Explorer
Aplikasi Clover dikembangkan oleh developer asal China, walaupun demikian aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna komputer yang suka dengan aplikasi improvisasi, saya menyembutnya aplikasi improvisasi karena kemampuan memberikan fitur tambahan pada Windows Explorer seolah aplikasi default besutan Microsoft itu melakukan improvisasi. Seperti apa sih cara kerja dan fitur yang dimiliki Clover? Yuk kita tes and run!
Cara mudah menambahkan tabulasi di Windows Explorer
  • Karena aplikasi berada di dalam format .Zip, maka Anda perlu melakukan ekstraksi terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi WinZip. Klik kanan pada file Zip yang berisi aplikasi, lalu arahkan ke WinZip dan klik salah satu dari Extract to…, Extra to here, Extract to Folder D:\ atau Extrac to folder, sama saja hanya berbeda lokasi tujuan ekstraksi.
Multi Tab Windows Explorer
  • Setelah proses ekstraksi selesai, klik ganda pada file eksekusi untuk melakukan instalasi. Klik tombol Next pada jendela dialog.
Proses install Clover 2 untuk menambahkan Tab di Windows Explorer
  • Klik tombol Install.
Tabulasi Windows Explorer untuk memudahkan alokasi file dan folder
  • Mohon tunggu sementara komputer melakukan instalasi ke sistem.
Proses install Clover 2 di Windows Explorer
  • Setelah proses instalasi selesai, inilah tampilan Windows Explorer setelah terinstall aplikasi Clover 2. Secara garis besar tidak terlihat perbedaan yang mencolok, hanya kini terlihat ada tab-tab layaknya tampilan browser.
Contoh penggunaan Clover 2 di Windows 7
  • Kemudian tampilan ikon di taskbar juga berubah seperti ini.
Aplikasi dan Software Clover 2 untuk menbamahkan Tab di Windows Explorer
  • Untuk mengoptimalkan fitur aplikasi Clover 2, Anda harus membuat daftar bookmark sehingga akses ke drive komputer akan semakin cepat dan juga mempercantik tampilan Explorer. Buka salah satu drive, misalnya D, kemudian tekan keyboard CTRL + D kemudian akan muncul sebuah pop up menu bookmark, klik saja tombol Done. Lakukan hal yang sama pada drive C, buka drive C dan tekan CTRL + D lalu klik tombol Done.  Nah sekarang Anda telah berhasil membuat 2 menu bookmark yaitu drive D dan drive C.
Akses hardisk menggunakan Clover 2
  • Kedua tombol bookmark dapat anda temukan di atas bar navigasi, untuk membuka drive di tab baru silahkan klik kanan – Open in new tab. Lakukan pada kedua menu bookmark (local D dan local C).
Penggunaan Tab di Windows Explorer
  • Maka kini kedua drive telah terbuka di tab yang berbeda, tampilan akhirnya akan seperti ini.
Multi Tab di Windows Explorer
Fitur multi tab memberikan keuntungan tersendiri bagi pengguna, selain lebih cepat, sugesti tampilan yang lebih keren memberikan nilai tambah tersendiri sehingga lebih menyukai setiap aktifitas yang melibatkan Windows Explorer. Sayangnya aplikasi ini hanya memberikan tambahan fitur multi tab, semoga ke depan aplikasi ini makin kaya akan fitur sehingga semakin populer.

sumber: http://blog.fastncheap.com/membuat-tab-di-windows-explorer-dengan-clover-2/

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More