tahun baru

tahun baru
Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Monday, February 18, 2013

Biaya Komponen BlackBerry Z10 'Cuma' Rp 1,5 Jutaan

BlackBerry Z10 menjadi senjata perdana BlackBerry dalam fase pertaruhannya. Memang, handset jagoan ini belum dilepas ke seluruh negara, namun kasak-kusuk seputar biaya komponen Z10 menyeruak ke permukaan.

Adalah CNN Money dan UBM Tech Insight yang coba memprediksi biaya komponen-komponen yang dibenamkan di BlackBerry Z10. Komponen yang dihitung mulai dari display, prosesor, kamera, storage, baterai, communication chip, RAM, dan material lainnya.

Seperti dikutip detikINET dari Slashgear, Senin (18/2/2013), rincian komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:





  • Display 4,2 inch: USD 26,50
  • Prosesor Qualcomm dual core 1,5 GHz: USD 23,50
  • Kamera belakang 8MP dan depan 2MP: USD 15
  • Internal storage: USD 9
  • Baterai, communication chip, & RAM: USD 21
  • Casing dan komponen elektronik lainnya: USD 59
Sehingga jika ditotal, seluruh biaya komponen yang tersemat di BlackBerry Z10 berdasarkan perkiraan harga-harga tersebut adalah sekitar USD 154.

BlackBerry Z10 sendiri kabarnya akan dijual di Indonesia di kisaran harga Rp 7 jutaan di bulan Maret 2013. Loh, kenapa perbedaannya begitu jauh dengan biaya komponen yang digunakan?

Harga jual tersebut tentunya sudah mempertimbangkan biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan BlackBerry sebelum sampai ke tangan pengguna. Mulai dari biaya untuk research & development (R&D), distribusi, marketing, gaji pegawai dan lainnya.

Jika dibandingkan dengan iPhone 5, prediksi biaya komponen BlackBerry Z10 sejatinya masih lebih tinggi. Sebab dulu, biaya komponen iPhone 5 ditengarai 'cuma' USD 139.

Ya, hal ini lumrah saja. Toh, Z10 memiliki layar yang lebih besar, resolusi layar lebih tajam, dan baterai lebih besar ketimbang ponsel jagoan Apple tersebut.

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More