tahun baru

tahun baru
Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Monday, February 18, 2013

Mematikan Komputer Secara Otomatis dengan Wise Auto Shutdown

Tips&Trick - Energi adalah elemen terpenting dalam kehidupan manusia, miliaran manusia setiap hari menggunakan energi terutama listrik untuk menunjang kehidupan dan melakukan pekerjaan. Namun demikian layaknya energi lain, listrik pun dapat habis sehingga manusia tidak hanya dituntut untuk menciptakan energi alternatif sebagai cadangan tetapi juga dituntut untuk melakukan penghematan secara global.
Shutdown otomatis dengan Wise Shutdown
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadi bagian kampanye ini, di antaranya mematikan komputer ketika tidak digunakan dalam waktu yang lama, bagi Anda yang sering lupa atau terbiasa membiarkan komputer hidup tanpa digunakan, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi ini, Wise Auto Shutdown.

Apa itu Wise Auto Shutdown? Aplikasi ini sesuai dengan namanya akan menjadi partner anda dalam melakukan penggunaan energi listri dengan bijak, di mana aplikasi Wise Auto Shutdown akan memberikan tool bantuan sehingga Anda dapat melakukan penjadwalan secara otomatis baik proses shut down, sleep, log off, atau power off. Seperti apakah cara kerja aplikasi ini? Yuk kita ulas satu per satu.
Auto Shutdown menggunakan aplikasi Wise
  • Di halaman Cnet, klik kembali tombol Download Now.
Downaplikasi Wise Shutdown
Aplikasi untuk shutdown otomatis
  • Setelah proses instalasi selesai, klik file eksekusi instalasi dan klik Run untuk melengkapi proses instalasi secara online. Ikuti proses instalasi hingga selesai dan jalankan aplikasi seperti Anda menjalankan aplikasi lain.
Install aplikasi shutdown otomatis
  • Ini adalah tampilan interface aplikasi Wise Auto Shutdown yang baru saja Anda instal, ada 5 pilihan yang dapat Anda lihat di sebelah kiri aplikasi di bawah teks Select a Task, pilih salah satu misalnya Shut down. Pada pilihan ini Anda dapat mengatur waktu kapan komputer akan otomatis mati mulai tanggal, bulan dan bahkan tahun. Apabila Anda ingin melakukan penjadwalan Shut down dalam rentang waktu harian, pilih Daily dan atur waktu yang tepat sesuai jadwal kegiatan Anda. Centang kotak pilihan please remind me 5 minutes before the task is executed apabila Anda ingin diingatkan 5 menit sebelum jadwal shut down dijalankan. Centang kotak run it when computer starts untuk memastikan aplikasi ini akan otomatis berjalan ketika komputer pertama kali dihidupkan.
Shutdown otomatis menggunakan Aplikasi
  • Jika dirasa benar, klik tombol Start Task dan klik Yes pada pop up konfirmasi.
Mau tahu cara shutdown otomatis pada komputer?
  • Anda dapat melakukan hal yang serupa pada menu Restart.
  • Untuk melakukan jadwal Log Off secara otomatis, silahkan pilih menu Log off dan tentukan waktu yang Anda inginkan dan klik Start Task.
Shutdown otomatis komputer
  • Agar lebih mudah Anda dapat mencoba pengaturan dengan menggunakan pilihan menu From now, tentukan berapa jam Anda ingin bekerja, misalnya 5 jam, maka set Hours ke angka 5 dan Minutes ke angka misalnya 10. Maka komputer akan otomatis Log off setelah beroperasi selama 5 jam 10 menit sejak Anda gunakan.
Cara shutdown otomatis menggunakan Wise
  • Jika sudah merasa pas, klik tombol Start Task dan tombol Yes pada pop up konfirmasi.
Shutdown task
  • Peringantan ini akan anda temukan 5 menit sebelum aplikasi menjalankan proses shut down, log off atau sleep pada jadwal yang sudah Anda atur sebelumnya, klik tombol Ok, I know untuk tetap membiarkan aplikasi berjalan atau klik tombol Cancel task apabila Anda ingin membatalkan jadwal tersebut.
Jadwal otomatis shutdown
Aplikasi ini sangat membantu Anda yang sering lupa atau Anda yang mencoba untuk lebih efektif dan efisien dalam menggunakan komputer. Seringkali pengguna komputer menghabiskan lebih banyak waktu untuk beraktifitas di luar dari pekerjaan utama atau beberapa pengguna mempunyai kebiasaan meninggalkan komputer dalam keadaan hidup, hal ini tidak hanya membiarkan kebiasan buruk semakin mengakar tetapi juga merupakan pemborosan energi. Yuk, hemat energi untuk anak cucu kita kelak, kita mulai dari hal kecil demi mencapai sesuatu yang lebih besar, masa depan yang lebih terang nantinya!

by bambang winarso .

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More