tahun baru

tahun baru
Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Friday, February 15, 2013

Apple Dilarang Gunakan Nama iPhone di Brazil

Apple harus menerima kenyataan pahit bahwa mereka kini dilarang memakai nama iPhone di Brazil. Alasannya ialah karena sebuah perusahaan lokal asal Brazil yaitu Gradiente Eletronica berhasil memenangkan sengketa terkait kepemilikan nama iPhone di Brazil.

Perusahaan lokal tersebut tercatat sudah mendaftarkan hak paten dengan nama iPhone pada tahun 2000 silam. Sedangkan Apple pada tahun 2010 an berusaha masuk dan menjual produk smartphone mereka tentunya dengan nama yang sudah familiar di telinga kita yaitu iPhone.
Kemenangan produsen lokal asal Brazil tersebut tentunya sedikit mengingatkan kita bahwa Apple juga sering mengalami masalah yaitu berupa menjadi tergugat oleh beberapa perusahaan tertentu. Salah satu contoh yang masih kita ingat adalah penggunaan nama iPad yang disinyalir terlebih dahulu digunakan oleh sebuah produsen elektronik asal Cina.
Untuk kasus iPad sendiri, Apple kabarnya membayar kompensasi dan menyelesaikan lewat jalur damai dengan membayar paten nama iPad. Entah berapa angka biaya kompensasi tersebut, yang jelas Apple harus mengakui bahwa pemakai nama iPad pertama kali bukanlah mereka.
Sedangkan kasus iPhone di Brazil, uniknya perusahaan pemenang sengketa hak paten nama iPhone tersebut sudah dan akan terus menggunakan nama iPhone untuk produk smartphone android. Maka jangan heran ketika ada nama iPhone yang menggunakan os android, namun iPhone yang dimaksud bukanlah produk dari Apple seperti yang kita ketahui.

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More