tahun baru

tahun baru
Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Tuesday, November 12, 2013

Tips Membeli Micro SD Untuk Smartphone dan Tablet

Saat ini, perangkat smartphone dan tablet, hampir semuanya mempunyai slot micro SD. Adanya slot micro SD tersebut dimaksudkan agar penggunanya bisa menambah kapasitas memori eksternal dengan micro SD,

Micro SD
Lalu hal-hal apa saja yang sebaiknya kita perhatikan dalam memilih sebuah micro SD? Pertanyaan itu mungkin menjadi pertanyaan umum di kalangan para pengguna gadget seperti smartphone dan tablet.
Pada post kali ini, Blog FastnCheap mencoba memberikan tips bagaimana memilih dan membeli micro SD untuk perangkat smartphone dan tablet.

1. Lihat kapasitas gadget

Kita harus lebih teliti melihat kapasitas maksimum micro SD yang bisa dibaca perangkat. Sebagai contoh, smartphone A punya slot micro SD dengan kapasitas maksimum 64 GB. Itu berarti pihak pabrikan menyarankan pengguna menambah memori eksternal dengan batas maksimum sampai dengan 64 GB .
Walau punya batas maksimum 64 GB, namun sebaiknya hanya menggunakan separuh atau seperempat dari batas maksimum. Karena smartphone A yang menggunakan memori eksternal 16 GB lebih cepat performanya jika dibandingkan dengan smartphone A yang menggunakan micro SD 32 GB ataupun 64 GB.

2. Pilih Class micro SD

Micro SD terbagi dalam beberapa class seperti class 2, class 4, class 6 dan class 10. Untuk data read and write masing-masing micro sd berdasarkan class bisa Anda lihat di bawah ini:
  • Class 2 = 2 MB/s
  • Class 4 = 4 MB/s
  • Class 6 = 6 MB/s
  • Class 10 = 10 MB/s
Semakin tinggi class micro SD, maka akan lebih baik. Saat ini class micro SD paling tinggi adalah class 10. Jika Anda berniat membeli micro SD, maka usahakan micro SD yang akan Anda beli tersebut punya class tinggi dengan resiko lebih mahal harganya.
Cara membedakan class micro SD cukup mudah, dengan melihat angka yang dilingkari dan biasanya ada di micro SD. Atau tidak ada salahnya juga menanyakan hal tersebut kepada si penjual.

3. Pilih merek dan garansi

Banyak sekali merek micro SD yang menawarkan class tinggi namun harganya murah. Membuat kita tertarik, tapi kita harus lebih teliti lagi karena ditakutkan micro SD tersebut tidak sesuai speknya.
Anda sebaiknya memilih micro SD dengan merek ternama dan dilindungi klaim garansi, sehingga sewaktu-waktu bisa melakukan klaim garanasi berupa penggantian misalnya.

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More