tahun baru

tahun baru
Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Tuesday, November 12, 2013

Quiet Hours Aplikasi untuk Mematikan Notifikasi Aplikasi Windows 8.1

Aplikasi dan fitur membanjiri system operasi Windows 8.1, padahal umurnya masih sangat muda. Tidak heran, mengingat OS ini merupakan hasil update dari Windows 8. Dengan aplikasi dan fitur yang ditawarkan, Windows 8.1 cukup sering mengeluarkan notifikasi untuk aplikasi yang diinstal.
windows_81v2-590x327
Hal ini memang sangat baik untuk tetap membuat user up-to-date. Namun, bagaimana jika Anda ingin memiliki waktu tenang ketika menggunakan PC Anda? Sebut saja, ketika Anda membuat PC Anda begadang untuk mendownload sesuatu, dan Anda tinggal tidur. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah pengaktifan waktu tenang (Quiet Hours) pada PC.

Cara mengaktifkan Quiet Hours

  • Bukalah Charms Bar dengan menekan Windows + C pada keyboard dan carilah opsi Settings yang ada di bagian paling bawah.
Cara Mematikan Notifikasi Aplikasi Windows 8.1
  • Pada opsi berikutnya, klik pada “Change PC settings” untuk memulai setup Quiet Hours.
Cara Mematikan Notifikasi Aplikasi Windows 8.1
  • Beberapa opsi lain akan keluar setelahnya. Lalu, klik pada “Search & apps” dan kemudian klik lagi pada bagian “Notifications.”
Cara Mematikan Notifikasi Aplikasi Windows 8.1
  • Scroll ke bawah untuk mencari Quiet Hours.
Cara Mematikan Notifikasi Aplikasi Windows 8.1
  • Klik pada switch tersebut hingga notifikasinya berubah menjadi “On”.
  • Setelah mengaktifkan Quiet Hours, Anda dapat mengatur jam kapan Quiet Hours akan dimulai, dan kapan fitur ini selesai setiap harinya.
Cara Mematikan Notifikasi Aplikasi Windows 8.1
Pengguna Skype regular tidak perlu takut tidak menerima notifikasi ketika fitur ini dinyalakan. Setelan dari Quiet Hours dapat memberikan pengecualian pada notifikasi yang diterima aplikasi Skype built-in. Cukup dengan menggeser switch “Receive calls during quiet hours” ke On, dan Anda tetap akan mendengar panggilan masuk.
Sayangnya, fitur satu ini belum dapat diintegrasikan dengan aplikasi panggilan dan chat lainnya.

Mematikan Notifikasi Aplikasi Hanya Beberapa Jam Saja

  • Jika Anda berpikir bahwa Quiet Hours cukup merepotkan, maka ini adalah salah satu metode lain yang dapat digunakan. Dengan memilih fitur hide, Anda dapat menyembunyikan notifikasi aplikasi hingga 8 jam.
Cara Mematikan Notifikasi Aplikasi Windows 8.1
  • Kembali ke opsi Settings tadi, klik pada bagian kiri atas pada Charms Bar. Opsi tadi akan muncul, dan silakan pilih sesuai kebutuhan.
Cara Mematikan Notifikasi Aplikasi Windows 8.1
Jika Anda ingin mengaktifkan notifikasi sebelum waktu hide selesai, klik lagi pada menu di Charms Bar, dan klik pada Notifications. Semua notifikasi akan kembali seperti biasa.

Kesimpulan

Quiet Hours mungkin bisa menjadi solusi pengguna mematikan sementara notifikasi dari aplikasi yang masuk. Sayangnya, terdapat beberapa kelemahan menyangkut fitur ini. Salah satu yang paling disayangkan adalah tidak support dengan exception menerima panggilan masuk selain dari aplikasi built-in Skype.
Microsoft mungkin dapat menciptakan fitur yang benar-benar dapat dimanfaatkan secara menyeluruh dari Quiet Hours. Ke depannya, konsep ini mungkin akan lebih dikembangkan untuk utilisasi yang lebih baik.
Itu tadi cara mematikan notifikasi aplikasi di Windows 8.1, semoga bermanfaat dan stay tuned ya!

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More