tahun baru

tahun baru
Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Tuesday, November 12, 2013

Cara Menggunakan Proxy di Windows 8.1

Pengguna berpengalaman tentu saja tahu bagaimana proxy sangat berguna ketika mengakses internet, bukan? Di Windows sebelumnya, setup proxy dapat dilakukan hanya pada browser. Metode lain adalah dengan menggunakan software third-party untuk mengaktifkan proxy ini.

proxy
Dengan proxy, koneksi akan difilter ke lokasi server lain dahulu sebelum disambungkan ke website yang dituju. Dengan demikian, lokasi asli Anda tidak akan ditampilkan di server website yang sedang diakses. Privasi Anda pun dapat lebih terjaga.

Untuk memulainya, terlebih dahulu cari alamat proxy server yang dapat digunakan. Beberapa alamat server tidaklah terlalu memuaskan, tapi patut dicoba.
  • Pertama, bukalah Charms Bar (Windows key + C) dan klik pada Settings.
Cara Menggunakan Proxy di Windows 8.1
  • Klik pada pilihan “Change PC settings” untuk mengakses setelan koneksi proxy Windows 8.1.
Cara Menggunakan Proxy di Windows 8.1
  • Pada bagian bawah setelan ini, klik “Network.”
Cara Menggunakan Proxy di Windows 8.1
  • Pilihlah “Proxy” pada opsi setelan Network ini. Anda akan ditawarkan dua metode lebih lanjut untuk mengatur proxy server, entah itu otomatis maupun manual. Jika Anda masih percaya dengan software third-party, pastikan untuk selalu mengaktifkan opsi “automatically detect settings” dan “use automatic configuration script.”
Cara Menggunakan Proxy di Windows 8.1
  • Masukkan custom proxy script jika digunakan pada field “Script address” lalu selalu klik “Save.” Jika Anda menggunakan metode manual untuk konfigurasi proxy server, tinggal klik switch hingga menunjukkan “Off” pada kedua opsi yang disebutkan di atas sebelumnya.
  • Scroll ke bawah untuk menemukan “Manual proxy setup.” Klik pada switch hingga “On” pada “Use a proxy server.” Setelah ini, Anda dapat mengisi alamat dan port proxy server yang ingin digunakan.
  • Untuk memberikan pengecualian, Windows 8.1 menyediakan field exception yang harus diisi oleh pengguna. Dengan demikian, proxy server akan dinonaktifkan ketika mengakses website tersebut. Klik box “Don’t use the proxy server for local (intranet) addresses” hingga tanda centang keluar. Akhiri dengan mengklik “Save” untuk menyimpan setup yang sudah diatur tadi.
Cara Menggunakan Proxy di Windows 8.1
Jika Anda masih ragu dengan proxy server yang diset tadi, maka Anda dapat mencoba mengecek dengan mengakses website FindmyIP. Dengan demikian, Anda dapat melihat apakah lokasi Anda sudah diacak atau belum. Jika sudah, selamat, proxy server Anda sudah bekerja.

Kesimpulan

Salah satu proxy server yang luas digunakan adalah Hidemyass. Sayangnya, proxy ini cukup ramai dan membuat kualitas koneksinya menurun. Banyak juga proxy server lain di dunia maya, tapi serupa dengan proxy server tersebut. Pengguna sepertinya masih harus banyak bermain proxy server dengan bantuan software third-party. Sekian tips pengaturan proxy dari FnC, semoga bermanfaat ya.

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More