tahun baru

tahun baru
Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Tuesday, November 12, 2013

Mengetahui Tanggal dan Jam Instalasi OS Windows

Banyak yang mengatakan bahwa refresh system operasi harus dilakukan setahun sekali. Refresh system yang dimaksud adalah dengan melakukan reinstall OS pada PC. Hal ini bertujuan untuk menjaga performa computer agar tetap prima.
php-current-date-and-time
Untuk itu, sangat logis untuk selalu mengetahui waktu instalasi Windows terakhir kali di PC Anda. Untuk melihat informasi ini, ada beberapa metode yang dapat dilakukan oleh para pengguna.

Menggunakan Windows Explorer

Metode satu ini sangat simple, tapi juga tidak cukup akurat. Pasalnya, info waktu yang ditampilkan akan selalu diupdate seiring dengan adanya proses replikasi maupun pemindahan file Windows tersebut. Dengan demikian, waktu creation dari OS tersebut juga dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Untuk melakukannya, cukup dengan membuka partisi drive dimana OS Windows diinstal. Partisi drive C: adalah posisi yang paling sering digunakan. Klik kanan pada folder Windows, lalu klik Properties.
     Cara Mengetahui Tanggal dan Jam Instalasi OS Windows
  • Pada box Properties ini, cek pada bagian “Created:” yang memberikan time-stamp terkait waktu creation dari Windows. Seperti yang dikatakan tadi, waktu yang tertera di sana tidaklah selalu akurat.
Cara Mengetahui Tanggal dan Jam Instalasi OS Windows
  • Lalu, bagaimana untuk mengatasi kekurangan akurasi metode ini? Alternatifnya, Anda dapat mengecek waktu creation dari folder Users. Folder akun ini harusnya memiliki waktu yang sama dengan waktu instalasi, jika Anda segera membuat akun logon Windows segera setelah instalasi.
Cara Mengetahui Tanggal dan Jam Instalasi OS Windows

Menggunakan Perintah SystemInfo

Cara satu ini memerlukan akses dari akun Administrator PC Anda. Bukalah Command Prompt dari Start Screen maupun menu Start.
Cara Mengetahui Tanggal dan Jam Instalasi OS Windows
  • Setelah itu masukkan perintah ini ke windows Command Prompt:
systeminfo | find /i “date”
Cara Mengetahui Tanggal dan Jam Instalasi OS Windows
  • Perintah ini akan membuat system melakukan scanning untuk mendapatkan informasi terkait yang diminta. Informasi mengenai waktu instalasi akan ditampilkan seperti berikut.

Menggunakan Perintah WMIC

WMIC adalah singkatan dari Windows Management Instrumentation Command-line. Seperti sebelumnya, Anda harus mengakses PC dengan akun Administrator. Bukalah Command Prompt terlebih dahulu, dan masukkan perintah berikut:
WMIC OS GET installdate
Cara Mengetahui Tanggal dan Jam Instalasi OS Windows
Informasi waktu instalasi akan dikeluarkan seperti pada gambar di atas. Kalau di-decode, angka tersebut menunjuukan tanggal (2012-11-05) dan waktu (10:52:26) secara detil.
Itu tadi beberapa cara untuk mengetahui tanggal dan jam Instalasi OS Windows, sekarang tentunya Anda sudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More