tahun baru

tahun baru
Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Tuesday, November 12, 2013

Online Integrated Development Environment (IDE) Compilr

Apakah Anda seorang programer Java yang ingin memrogram secara online? Sekarang Anda bisa membuat proyek Java sendiri di awan dengan Compilr. Tak hanya java, bahkan ada 12 bahasa pemrograman lain yang didukung. Anda akan memperoleh akun gratis dengan tampilan IDE di web yang sangat mirip Netbeans di PC.

Compilr ini didesain untuk semua orang sehingga bisa dibuka di PC, laptop, tablet, smartphone, dengan macam-macam browser dengan tampilan yang tetap cantik. Lihat saja skrinsot Compilr ini, cantik bukan? Saya akan memperkenalkan Compilr di artikel ini.
Cara Membuat Proyek Java di Compilr
Pertama, Anda mesti mendaftar dulu. Gratis, kok. Setelah itu Anda akan memperoleh tampilan ala IDE Netbeans dengan warna inti ungu. Klik Create A Project untuk membuat proyek.
Cara Membuat Compilr
Lalu, Anda akan memilih bahasa pemrograman. Pilih Java. Anda pun bisa memilih platform Java yang disediakan. Pilih JDK (Java Development Kit) 6 dan bisa memilih antara membuat aplikasi konsol atau web applet. Di sini saya contohkan console application. Klik Next.
New Project Compilr
Tahap berikutnya, Anda akan memberi nama proyek ini. Secara otomatis Anda akan diberi URL proyek ini yang dapat diakses dari mana saja nantinya. Ada pilihan juga untuk privasi, bisa jadi untuk Anda saja atau publik yang artinya semua orang boleh melihat tapi cuma Anda yang bisa mengedit.
Nama Project di Compilr
Tahap terakhir, Anda bisa mengisikan deskripsi untuk proyek ini. Tidak diisi juga tak mengapa.
Akhirnya, Anda dikasih tampilan IDE ala Netbeans di web. Ada tab, ada project explorer, ada konsolnya, dan pastinya ada tempat untuk mengetik kode Anda. Jangan khawatir, ada nomor barisnya juga. Pada contoh ini, saya melakukan kompilasi apa adanya dari kode yang ada. Hasilnya seperti di skrinsot.
Tidak seperti online IDE lain semacam Codepad yang hanya menyediakan penayang output, Compilr memberi kita konsol. Sehingga kalau ada program kita yang meminta masukan dari kita, kita bisa memasukkannya (sebagaimana IDE offline di PC). Benar-benar online IDE.
Tampilan Compilr
Share Kode dengan yang lain
Mengenai opsi berbagi kode, Anda memperoleh jalan menuju Facebook, Google+, dan Twitter.
Chare Code dengan yang lain
Pengaturan
Mengenai pengaturan yang dapat Anda lakukan, di antaranya adalah mengatur informasi akun Anda. Bahkan bisa mengatur signature karena Compilr punya forum internal yang cukup ramai juga. Dan di sini juga Anda bisa menghapus akun Anda.
Pengaturan Compilr
Akun Berbayar
Mengenai akun berbayar, ada 2. versi Student dan Developer. Tentunya Student lebih murah namun Developer memiliki fitur terlengkap semisal bisa build, run, publikasi proyek, bikin proyek privat, dan tanpa iklan. Versi Developer punya kapasitas penyimpanan sebesar 20 GB. Sedangkan versi gratis 1 GB dan Student 2 GB.
Account Berbayar
Tips: Tombol bergaris tiga di pojok kanan atas itu berguna untuk menyembunyikan panel sebelah kiri. gunakan untuk memperluas area kerja.
Komentar saya: Compilr ini sebuah inovasi yang canggih nian. Akan sangat bagus untuk kita yang ingin coba membuat aplikasi di awan. Menarik sekali untuk segera dicoba. Sebuah konsep IDE baru yang mengagumkan.

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More