tahun baru

tahun baru

Google+ Badge

Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Tuesday, June 4, 2013

LG Optimus L7 II Dual P715 L-Series Baterai Tahan Lama



Inilah seri tertinggi dari generasi kedua L series, yaitu LG Optimus L7 II Dual. Sesuai namanya unit yang akan kami review ini merupakan versi dual SIM GSM. Walaupun seri tertinggi, tapi handset L series ditujukan untuk mengisi pasar budget phone yang biasanya dibanderol dengan harga 3 juta kebawah. Oleh karena itu handset ini dipasang harga yang cukup terjangkau yaitu 2,8 jutaan rupiah untuk versi dual SIM dan 2.7 jutaan rupiah untuk versi single SIM.
Spesifikasi Utama
  • Quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 (SIM 1& SIM 2)
  • Triband HSDPA 900 / 1900 / 2100
  • Layar sentuh kapasitif IPS 4.3-inci (480x800 piksel) ~217 ppi
  • Memori internal 2 GB (1.5 GB free), RAM 768 MB
  • Kamera Belakang 8 MP (3264x2448 piksel) autofokus, LED flash
  • Android 4.1.2 JellyBean
  • CPU dual-core 1.0 GHz Cortex-A5 Qualcomm MSM8225 Snapdragon
  • GPU Adreno 203
  • Baterai Lithium-Ion 2460 mAh
Paket Penjualan
  • Handset LG Optimus L7 II Dual
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi


Desain dan Bodi
Seri L generasi kedua ini memiliki konsep desain yang berbeda untuk versi single dan dual SIM. Seperti yang pernah kami katakan pada review L5 II Dual, untuk versi dual SIM LG menghilangkan kesan kaku yang elegan dari seri L sebelumnya, hanya versi single SIM yang masih dipertahankan. Untuk L7 II Dual ini memiliki kemiripan desain dengan L5 II Dual hanya saja ukuran layar yang sedikit membesar dan penempatan kamera, flash yang berubah. Smartphone ini memiliki dimensi 122.2 x 66.6 x 9.7 mm dengan bobot 115 gram sehingga masih cukup nyaman untuk dibawa dengan digenggam atau dimasukkan ke saku. Seluruh material terbuat dari plastik dengan aksen chrome disekeliling bodi.




Bagian muka diisi dengan kamera sekunder, sensor proximity, earpiece, layar 4.6-inci, serta empat buah tombol fungsi (back, home, menu, SIM switch). Sama dengan L5 II Dual keempat tombol fungsi ini tidak dilengkapi dengan backlight. Bagian belakang terisi dengan kamera utama, LED flash, dan sebuah speaker. Untuk slot kartu memori dan kartu SIM berada didalam, tertutup back cover.










Sisi kiri ponsel terdapat tombol lock/power yang berukuran cukup kecil sedangkan disisi kanan terdapat tombol Quick yang dapat dipersonalisasi kegunaannya (default untuk aplikasi Quick Memo), dan tombol volume. Bagian atas terisi dengan port headset 3.5mm, mic, dan bagian bawah terisi dengan port microUSB dan sebuah mic.






Sayangnya meskipun mengalami pembesaran ukuran layar dari L5 II Dual (4.0-inci) ke 4.3-inci, tapi LG tidak meningkatkan resolusi, jadi tetap WVGA (480x800 piksel) sehingga kerapatan pikselnya menurun. Efeknya, jelas tampilan terlihat sedikti kasar dari L5 II Dual. Untuk kualitas layar IPS ini sendiri sudah baik, warna terlihat cerah, namun tidak terlalu putih. Untuk penggunaan luar ruangan cukup baik jika tingkat keterangan layar dinaikkan, sayangnya L7 II Dual ini tidak dibenamkan sensor cahaya sehingga untuk mengaturnya harus secara manual.
Layar di L7 II Dual ini juga dilengkapi fitur Smart screen dimana menggunakan kamera depan untuk mendeteksi mata pengguna untuk mengatur backlight agar tetap menyala atau dimatikan. Ya, fitur serupa dengan apa yang sudah ditanamkan vendir korea lain dalam produk-produk terbarunya.

Antarmuka
Sekarang ini Android 4.1 sudah seperti syarat mutlak sebuah handset baru jika ingin diterima di pasaran, dan inilah yang diikuti L7 II Dual dengan menggabungkannya dengan antarmuka khas Optimus yang kaya akan kustomisasi. Kami bisa katakan bahwa antarmuka LG salah satu yang terbaik, karena dengan banyaknya pilihan kustomisasi ini anda dapat benar-benar menyesuaikan tampilan dan fungsi dengan keinginan, jadi tidak perlu buru-buru menginstall aplikasi launcher jika tidak menyukai tampilan default.
Halaman lockscreen hadir dengan informasi waktu dan tanggal yang dapat diatur gayanya, serta terdapat informasi kartu SIM dan akses cepat ke aplikasi-aplikasi tertentu. Dari lockscreen ini anda dapat langsung mengakses jendela notifikasi. Jendela notifikasi ini tampil dengan akses cepat ke beberapa pengaturan seperti suara, konektivitas, layar, dan lainnya. Anda juga dapat mengatur pengaturan apa yang ingin ditampilkan.




Halaman homecreen dalam kondisi default disediakan lima buah halaman yang dapat dikurangi atau ditambah maksimal 7 halaman. Terdapat pilihan pengaturan efek transisi antar halaman selain itu ada juga pilihan pengubahan tema yang digunakan ke tiga tema lain. Dengan menahan tombol home akan memunculkan jalan pintas ke aplikasi Google Now dan tentunya recent apps, menahan tombol menu akan memunculkan Google Search, menekan sekali tombol switch akan mengganti kartu SIM utama dan jika menahannya akan memunculkan menu pengaturan penggunaan SIM.






Tampilan drawer aplikasi serupa dengan L5 II Dual dengan wallpaper yang dapat diganti-ganti. Ikon-ikon aplikasi tersusun dalam formasi 5x4 yang dapat diaturposisinya secara manual atau berdasarkan kategori. Terbagi dalam tiga buah tab pertama untuk semua aplikasi yang ada, kedua untuk aplikasi yang diunduh selain default, dan ketiga tab untuk menampilkan widget-widget yang dapat ditaruh ke homescreen.


Masih sama, LG hanya menyertakan satu buah pilihan keyboard yaitu LG keyboard yang memiliki cukup banyak pengaturan. Anda juga dapat melakukan input seperti tulisan tangan, dan juga input dalam bahasa mandarin. Dengan layar yang tergolong lebar, maka pengetikan dalam posisi potrait tidak menjadi masalah, terlebih layout keyboard yang berjarak antar tombol.



LG Optimus L7 II Dual P715 Review Gallery

Contacts dan Messaging
Menu ini terbagi kedalam lima buah tab yaitu dial, call logs, contacts, favorites, dan groups. Tiap contact akan ditandai dengan logo 1 atau 2 untuk menunjuk lokasi penyimpanan jika disimpan ke dalam kartu SIM. Ukuran tiap tombol besar sehingga mengurangi kesalahan jika anda harus menghubungi suatu contact dalam kondisi terburu-buru. Dalam halaman dial juga diinformasikan kartu SIM mana yang anda gunakan saat ini, dan dapat dengan mudah menggantinya hanya dengan menekan tombol switch di bodi ponsel.






Messaging masih tampil sama dengan stok Android dengan thread chat dihalaman utama dan tombol membuat pesan baru di kanan atas. Halaman editor pesan juga sederhana dengan pilihan melampirkan konten multimedia yang secara otomatis mengubah SMS menjadi MMS.






Kamera
L7 II Dual memiliki kamera sekunder beresolusi VGA dan kamera utama dengan resolusi 8 MP (3264 x 2448 piksel) dengan kemampuan autofokus dan dilengkapi dengan LED flash. Selain kehadiran pilihan pengaturan standar, terdapat juga fitur cheese shutter, yaitu anda dapat mengambil gambar hanya dengan menyebutkan kata tertentu tanpa harus menyentuh handset. Terdapat mode pengambilan gambar panorama dan continuous shot. Jika anda ingin mengambil foto diri menggunakan kamera sekunder, maka akan muncul fitur beauty, dimana secara otomatis akan menghaluskan kulit wajah.






Hasil pengambilan gambar dalam ruangan terlihat cukup baik dengan warna yang natural, cukup detil, meskipun dengan kehadiran sedikit noise. Anda dapat menggunakan bantuan LED flash untuk pengambilan gambar di ruangan kurang cahaya.




Hasil pengambilan gambar luar ruangan juga terlihat cukup baik, warna natural, dan detil. Sayangnya untuk pengambilan gambar dalam mode macro, fokus kamera kurang dapat mengatur detil objek sehingga terlihat sedikit blur.





LG Optimus L7 II Dual P715 Review Gallery
Perekaman Video
Meeskipun memiliki kamera utama beresolusi 8 MP, sayangnya anda hanya dapat melakukan perekaman video dengan resolusi maksimal 720 x 480 piksel 30fps saja. Terdapat beberapa pilihan pengaturan standar seperti ukuran video, bantuan lampu LED, color effect, dan lainnya. Saat melakukan perekaman fokus bersifat tetap dan anda dapat mengambil gambar beresolusi sama dengan video. Hasil perekaman video akan disimpan dalam format MP4. Untuk kualitas, silahkan saja langsung melihat contoh video dibawah ini.







Multimedia
Gallery hadir dengan mengkategorikan konten foto dan video berdasarkan folder, bisa juga berdasarkan lokasi, dan waktu pengambilannya. Dibagian kanan atas terdapat jalan pintas ke menu kamera, dan pilihan untuk melihat semua konten foto dan video yang ada. Anda dapat mengkoneksikan album foto dari layanan yang mendukung. Hadir juga fitur standar seperti untuk editing dan cropping.








Untuk memutar koleksi lagu, terdapat aplikasi buatan LG yang memiliki antarmuka khas. Koleksi lagu terbagi kedalam enam buah kategori seperti songs, albums, artists, genres, playlists, dan folder. Dalam halaman now playing terdapat beberapa tombol seperti untuk mencari video yang berhubungan dengan musik yang sedang diputar di YouTube, melempar konten ke perangkat yang mendukung koneksi DLNA, favorite, dan terdapat pilihan untuk penggunaan fitur Dolby Mobile. Anda juga dapat mengatur keluaran suara dengan memilih audio effect. Keluaran suara via headset terdengar bagus dan bertenaga, begitu juga dengan speaker di bodi ponsel, namun tidak terlalu bersih jika diatur ke posisi volume maksimal.






Cukup mengecewakan jika melihat pemutar video bawaan di L7 II Dual ini, karena pemutar video ini tidak dapat menampilkan video dengan resolusi HD, maksimal hanya VGA saja. Aneh, mengingat L5 II Dual dapat memutar konten video HD setidaknya 720p. Diluar hal itu, pemutar video ini memiliki fitur unik yaitu video dapat diputar ketika anda melakukan kegiatan lain, tapi tidak seperti pop-up play yang menampilkan dalam jendela lebih kecil, disini video akan ditampilkan bertumpuk dengan tingkat transparansi yang dapat diatur.








Fitur Radio FM juga masih hadir sebagai hiburan alternatif dengan kehadiran fitur-fitur standar. Jangan lupa untuk mencolokkan headset yang berfungsi ganda sebagai antena baru anda dapat menikmati siaran stasiun radio favorit.




Browser
Urusan berinternetan dapat dilakukan melalui browser stok Android. Dengan browser ini anda dapat melakukan multitab hingga 16 tab sekaligus. Konten flash dapat dimainkan dengan baik, kami mencoba dengan memutar video dari situs YouTube versi desktop dapat berjalan dengan baik. Secara keseluruhan performa browser ini cukup mumpuni meskipun terkadang terasa lag jika membuka situs yang berat.






Untuk hasil tes HTML5, browser ini mendapatkan skor 405 dengan 14 poin bonus. Skor Sunspider, browser ini mendapatkan angka 2463.6ms (semakin kecil semakin baik).




Benchmark
  • Quadrant Standard: 2693 poin
  • AnTuTu: 6342 poin
  • NenaMark2: 33.9 fps
  • Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan
  • CamSpeed: - *kami tidak dapat melakukan benchmark ini karena selalu terjadi error ketika proses berlangsung

LG Optimus L7 II Dual P715 Review Gallery
Konektivitas
LG Optimus L7 II Dual berjalan di jaringan quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 (SIM 1&2) dan triband HSDPA 900 / 1900 / 2100. Untuk konektivitas lokal terdapat WiFi 802. 11 b/g/n, Bluetooth v3.0, A-GPS, microUSB v2.0, dan microSD hingga 32GB.
Layaknya di L5 II Dual, untuk fitur dual SIM GSM, kedua kartu dapat aktif secara bersamaan, dan pengguna dapat dengan mudah melakukan switch hanya dengan menekan tombol terdedikasi di bodi ponsel, jika menahan tombol tersebut akan dibawa ke menu pengaturan, disini pengguna dapat mengatur penggunaan kartu SIM seperti untuk data, SMS, atau telepon.




Daya Tahan Baterai
LG Optimus L7 II Dual ini dibekali dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 2460 mAh. Belakangan ini LG selalu menggunakan teknologi SiO+ di handset terbarunya. Dengan teknologi ini LG mengklaim baterai akan menjadi lebih irit. Diatas kertas baterai ini sanggup membuat handset stand by hingga 800 jam dan talk time hingga 12 jam dalam jaringan 3G. Dalam prakteknya baterai ini terbilang sangat mumpuni untuk ukuran handset Android berspesifikasi sedang. Dengan penggunaan normal dan paket data aktif baterai ini mampu bertahan hingga satu setengah hari, bahkan bisa lebih jika anda mengaktifkan fitur power saving.


Kesimpulan
Melalui handset terbaru dari L series ini, sepertinya LG kini lebih membidik handset Android asal tirai bambu dibandingkan dengan kompetitor ternama lain. Hal ini terlihat dari pengutamaan model Dual SIM ketimbang single SIM, dimana fitur ini menjadi fitur ciri khas ponsel cina. Sayangnya jika dari segi spesifikasi L7 II Dual masih cukup tertinggal dari ponsel Android cina lain di range harga serupa. Namun dengan merek LG tentu dari segi kualitas komponen, dan material lebih berkualitas serta terjamin.
Kelebihan
  • Kapasitas baterai besar dan tahan lama
  • Kemudahan penggunaan fitur dual SIM
  • Antarmuka dengan nilai tambah
Kekurangan
  • Kamera tidak bisa merekam resolusi HD
  • Tidak dapat memutar video HD
  • Spesifikasi cenderung dibawah pesaing dalam range harga yang sama
sumber: http://www.teknoup.com/review/1073/lg-optimus-l7-ii-dual-p715/

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More