tahun baru

tahun baru

Google+ Badge

Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Wednesday, June 19, 2013

Jangan Sembarangan Menjual Ponsel, Berbahaya!


Pikirkan kembali sebelum menjual ponsel lama anda. Hal ini didasarkan seorang peneliti keamanan yang mengatakan sangat mudah untuk mendapatkan iformasi pribadi dari handphone seseorang meski sudah dihapus. Percobaan kecil dilakukan untuk membuktikan hal tersebut.

Rekomendasi standar untuk menghilangkan total informasi penting di ponsel adalah dengan cara reset mode pabrik. Semua setingan secara asli akan dikembalikan seperti semula. Namun, apakah ini sudah cukup baik?
Tes yang dilakukan menggunakan perangkat mobile iPhone 3GS, ponsel Android, dan ponsel Samsung. Pada iPhone dan Android dilakukan proses reset pabrik opsi yang terdapat pada pengaturan hanphone. Kemudian kedua ponsel tersebut dianalisa menggunakan komputer oleh seorang analis forensik, Steve Burgess dengan berbagai program untuk mencoba menarik informasi yang telah di reset dari iPhone dan Android dan hasilnya beragam berdasar laporan berikut.
iPhone
Pada iPhone semuda informasi pribadi tertulis unrecoverable. Steve menjelaskan “Dengan iPhone, ketika Anda melakukan reset pabrik, ia bisa menghilangkan semua kunci enkripsi, kecuali jika Anda memiliki sesuatu seperti superkomputer maka kode tersebut bisa dibaca.” Steve sudah mencoba berbagai software analisa namun hasilnya tetap nihil.
Blackberry
Blackberry juga memiliki sistem keamanan yang unggul. Menurut Steve setelah melakukan reset pabrik kemudian dibiarkan selama 30 hari maka data definitif akan hilang.
Ponsel Android
Untuk ponsel Droid ini data lebih mudah diakses meskipun sudah dilakukan reset pabrik. Secara teknis menekan reset pabrik tidak menghapus data yang tersimpan di lokasi memori, Steve menjelaskan hanya dengan software forensik atau kemampuan hacking dasar data dapat diakses dengan mudah. Apalagi informasi tersebut tersimpan di dalam kartu memory microSD atau yang lainnya sangat mudah dilihat informasinya. Saran Steve, ketika akan menjual perangkat Android sebaiknya cabut microSD dan jangan disertakan.
Handphone Lain
Untuk fitur telepon masih sedikit komplek untuk mencuri informasinya. Perangkat harus terhubung dengan komputer menggunakan kabel koneksi yang harus sesuai. Umumnya, informasi yang berhasil digalipun tidak terlalu penting dan tidak rahasia. Hanya nomor kontak, durasi panggilan dan teks.
Pesan dari Ahli forensik Steve Burgess adalah segera mengamankan informasi penting yang terdapat pada ponsel agar tidak terjatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika ingin menjual handphone, sebaiknya anda reset ke reset pabrikan agar semua data bisa lenyap dan hilang untuk selamanya dari handphone anda.

sumber: http://blog.fastncheap.com/jangan-sembarangan-menjual-ponsel-berbahaya/#ixzz2WcMmHr9l

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More