tahun baru

tahun baru
Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Friday, March 29, 2013

Trik Menambahkan Tool Defrag pada Context Menu di Windows 7 dan Vista


Defragment adalah fitur penting yang sudah didesain oleh Microsoft agar pengguna dapat melakukan perbaikan dan peningkatan performa komputer. Melakukan defrag secara berkala dapat mengurangi resiko hard disk baik dari kerusakan maupun bad sektor yang dapat mengurangi usia pakai hard disk. Tetapi khusus untuk SSD atau generasi terbaru dari hard disk konvensional, defrag tidak disarankan dijalankan secara berkala karena justru dapat merusak SSD.
Defrag Hardisk
Namun, saat ini sebagian besar pengguna komputer di Indonesia masih menggunakan hard disk konvensional sehingga melakukan defrag secara berkala sangat disarankan.
Biasanya defragmen ditemukan pada Control Panel atau Accessories – System Tools, namun Anda dapat menambahkan menu defragment pada Context Menu di Windows Explorer, gambarnya seperti ini:
Tanpa ba bi bu lagi, kita langsung ke step by stepnya:
  • Jalankan RUN dengan menekan tombol Windows dan tombol R, kemudian ketikkan regedit dan tekan Enter atau tombol OK untuk menjalankan fitur Registry Editor.
  • Pada jendela Registry Editor, buka direktori sebagai berikut:
HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell
  • Dengan kursor pada posisi direktori shell, klik kanan pada panel sebelah kanan: New – Key
  • Isi nama key dengan Defragment
  • Dengan posisi mouse pada key Defragment, buat lagi sebuah key dengan nama command.
  • Pada key command, klik kanan pada registry Default dan klik Modify lalu isikan salah satu dari value di bawah ini ke dalam kotak Value data lalu klik tombol OK.
defrag.exe /u /v %1 (untuk jenis tampilan klasik)
dfrgui.exe (untuk tampilan baru)
  • Hasil akhirnya, silahkan buka Windows Explorer Anda dan klik kanan pada salah satu drive dan temukan menu baru bernama Defragment di Context Menu sebagai tanda Anda telah berhasil mempraktekkan tips ini.
Dengan membuat menu Defragment di context menu Anda telah memotong jalur perintah aplikasi sehingga selain mempersingkat waktu juga menambah khasanah ilmu pengetahuan kita. Silahkan dicoba…


sumber: http://blog.fastncheap.com/trik-menambahkan-tool-defrag-pada-context-menu-windows-7-vista/#ixzz2OwmAKCY8

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More