tahun baru

tahun baru
Ayo Belajar, Belajar dan Belajar. Untuk Indonesia Yg Lebih Baik.

Thursday, January 30, 2014

Menghapus Spyware dan Malware Dengan SuperAntiSpyware

Ancaman malware dan spyware terbukti bukan isapan jempol, di dunia virus jenis ini menjadi biang kerok dari bobolnya miliaran identitas pemegang kartu kredit.
Cara Menghapus Spyware
Dalam beberapa kasus bahkan malware dapat melakukan tindakan kriminal yang jauh lebih brutal dari yang kita bayangkan. Untuk itu perlu mendapatkan perhatian dari Anda yang sering menggunakan internet sebagai media belanja, terlebih jika Anda menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit atau debit.

  • SUPERAntiSpyware hadir untuk mengeliminasi perangkat berbahaya bagi komputer tersebut. Sebelum bisa menggunakan aplikasi ini, pertama Anda harus menguduh dahulu dari web resminya di sini: http://www.superantispyware.com/download.html
  • Setelah itu instal dan jalankan aplikasi di komputer Anda dan pilih opsi yang ada.
Cara Menghapus Spyware dan Malware
  • Sebuah jendela akan muncul seperti gambar di atas. SUPERAntiSpyware memiliki beberapa opsi berguna untuk memerangi aplikasi ‘virus’ yang mengancam. Scan for Harmful Software digunakan untuk mengecek virus seperti spyware, adware, malware, dan lainnya. Klik ikon ‘Scan your computer…’ untuk menjalankannya. Pada versi Pro, Anda dapat melihat opsi Scheduled Scanning untuk menjadwalkan scan rutin pada komputer. Setelah dipindai, file dan data yang dicurigai akan masuk ke karantina. Klik ‘Manage Quarantine’ untuk melihat dan menghapus item tersebut.
  • Jika ingin mengubah setting, klik ‘Preferences…’ pada Configuration and Preferences. Jangan lupa untuk selalu meng-update aplikasi ini untuk menjaga kesehatan komputer Anda. Secara berkala klik ‘Check for Updates…’ pada Spyware Definition Updates. Segala status pada aplikasi tertera pada bagian kanan bawah.
Cara Menghapus Spyware dan Malware
  • Setelah klik ‘Scan your Computer…’ maka jendela baru akan keluar. Pilih lokasi drive yang ingin dipindai pada box Scan Location. Kemudian pilih antara Quick Scan maupun Complete Scan untuk mulai memindai. Jika ingin melakukan sedikit perubahan, gunakan Custom Scan.
Cara Menghapus Spyware dan Malware
  • Selama pemindaian, semua data yang dicurigai akan ditunjukkan di box sebelah kiri. Anda dapat menghentikan proses scanning dengan klik Pause. Untuk melanjutkan, cukup klik Resume.
Cara Menghapus Spyware dan Malware
  • Setelah proses pemindaian selesai, maka akan keluar review dari hasil Scan tersebut. Klik OK untuk masuk ke proses berikutnya.
Cara Menghapus Spyware dan Malware
  • Jendela berikutnya akan menunjukkan data-data yang tertangkap oleh SUPERAntiSpyware. Jika beberapa data Anda kenali bukan sebagai virus, klik kanan dan pilih Always Allow Item (Trust Item.) Anda dapat me-review kembali melalui Manage Allowed Items yang ada di kanan. Jika terdapat beberapa data, Anda dapat memberi tanda check, lalu klik ‘Trust/Allow Item(s)” untuk mempercepat proses tadi.
  • Untuk Report False Positive digunakan ketika ada item yang seharusnya tidak terdeteksi sebagai spyware dan Anda ingin laporkan ke pihak SUPERAntiSpyware. Untuk laporan yang lebih detil, Anda dapat menggunakan Explain Detected Item.
  • Jika sudah selesai me-review, kini Anda dapat memberi tanda check pada data yang ingin disingkirkan, dan klik Next. Restart komputer Anda, dan spyware sudah hilang.
Cukup rumit tetapi sebaiknya tidak menganggap remeh aplikasi ini, atau aplikasi lain yang menawarkan perlindungan dari malware dan spyware karena kedua virus ini sangat berbahaya bagi keamanan privasi Anda.

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More